Kartu Undangan Pernikahan


kartu undangan pernikahan
Kartu undangan pernikahan merupakan elemen paling penting dalam suatu pernikahan.  Kartu undangan pernikahan memiliki arti dan makna tersendiri dalam merepresentasikan budaya serta adat istiadat dalam perayaan pernikahan. Kartu undangan pernikahan mempunyai beberapa konten yang sangat berisi misi kebudayaan yang akan ditampilkan pada perayaan pernikahan itu sendiri.  Pada sampul depan kartu undangan pernikahan, biasanya menggambarkan simbol adat istiadat yang akan digunakan, misalkan budaya Jawa akan disimbolkan dengan wayang, atau budaya Minang akan menampilkan rumah Gadang.  Warna kartu undangan pernikahan juga berperan. Misalkan warna-warna cerah untuk budaya Sumatera atau warna-warna sejuk untuk daerah Jawa. Untuk itu, pasangan perlu merencanakan warna yang pas untuk warna kartu undangan. Terkadang, busana yang ditampilkan adalah warna yang tertera di dalam kartu undangan pernikahan. Kartu undangan pernikahan haruslah memiliki segi informasi yang memadai serta perlu dilihat dalam segi estetika. Informasi yang mungkin tersedia adalah tentang waktu dan tempat pernikahan itu sendiri serta nama calon mempelai dan orangtuanya.
Design kartu undangan pernikahan juga beragam.  Ada yang mengadaptasi bentuk dari bingkai foto atau kipas. Selain itu jenis undangan pernikahan yang klasik yaitu yang hanya berwujud kartu juga masih menjadi hal favorit. Biasanya kartu undangan pernikahan yang berdesign sederhana bisa menjadi hal yang biasa dikarenakan jumlah undangan yang sangat banyak.  Bila kartu undangan pernikahan yang dipilih, maka design bisa berupa jenis kertas yang bertekstur, contohnya kertas daur ulang atau kertas kilap. Selain itu pula kartu undangan pernikahan bisa dilengkapi oleh foto-foto.
Hal lain yang bisa menjadi perhatian berkaitan tentang kartu undangan yaitu perkiraan pembuatan kartu undangan pernikahan. Buatlah sebuah jadwal yang memuat kartu undangan pernikahan yang sudah jadi. Sebelum melakukan pemesanan kartu undangan pernikahan kepada percetakan, hendaklah ditanyakan perkiraan jadinya kartu undangan pernikahan tersebut. Ketika memilih percetakan kartu undangan pernikahan, sebaiknya memilih percetakan yang menyediakan keleluasaan dalam memilih design dan warna. Jika ingin menggunakan kreatifitas sendiri, usahakan dikonsultasikan tentang harga serta waktu pengerjaan dengan pihak percetakan sehingga sesuai dengan rencana budget dan waktu dari perayaan pernikahan itu sendiri.  Dengan kata lain, kartu undangan pernikahan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam perencanaan pernikahan. Semua design dan foto bisa dilakukakn dengan melihat referensi dari kartu undangan pernikahan yang sudah ada.  Akan tetapi usahakan memenuhi keinginan pribadi dan tidak semata-mata meniru kartu undangan yang sudah ada. Beberapa website sudah berisi tentang perangkat-perangkat lunak untuk merancang kartu undangan pernikahan sendiri. Dani-Craft merupakan salah satu situs produsen undangan pernikahan dan souvenir yang cukup disarankan.